Senin, 14 September 2015

Cara membuat efek sketsa pensil di Phothosop

Kesempatan kali ini saya akan membuat efek sketsa pensil yang sangat mudah dengan menggunakan fasilitas yang ada pada Phothosop, seperti gambar dibawh ini.



Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat gambar efek sketsa pencil, namun disini saya mengunakan cara yang kalian bisa ikuti seperti dibawah ini.

Langkah-langkahnya tersebut sebagai berikiut: 
 1. Buka foto yang ingin dibuat sketsa pensil, disini saya menggunakan foto Putri saya, seperti gambar di bawah ini. 



2. Setelah Foto sudah siap silahkan tekan (Ctrl + Shift + U). maka gambar akan berubah menjadi hitam putih. 


2.selanjutnya tekan (ctrl+L) untuk ditahap ini saya menggunakan seperti dibawah ini karena setiap foto yang akan diedit memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda jadi sesuaikan dengan keinginan kalian. 


3. Setelah selesai mengatur Levels, buat New Layer yaitu duplikat Layer gambar caranya klik kanan pada gambar Layer dan pilih Duplicate Layer.


4. setelah muncul Duplikate gambar Layer yang satunya, selanjutnya kalian masuk ke Filter>Artistic>Coloredpencil.., maka kalian akan dibawa ke kotak setting pengaturan, silahkan kalian berinprovisasi dengan tingkat efek pensil yang kalian inginkan, disini saya memakai peraturan seperti gambar dibawah ini. 


5. Tahap selanjutnya gunakan Eraser tool (E) dengan Opacity 50%, hapus secara perlahan dengan Erase Tool tersebut kebagian gambar sehingga kalian nantinya mendapatkan efek gambar pensil yang kalian inginkan, seperti yang saya lakukan saya mendapatkan hasil gambar sebagai berikut. 


Apabila kalian merasa masih kurang dalam mendapatkan efek pensil, kalian bisa menduplikat kembali Layer yang pertama berbentuk gambar, dan duplikat layer gambar tersebut dan geser kebagian atas, menimpah gambar layer sebelumnya, lihat gambar dibawah ini. 


Selanjutnya kalian buat efek Colored Pensil lagi seperti langkah pertama diatas dan disini saya menggunakan settingan sebagai berikut dan mendapatkan gambar seperti dibawah ini.


Untuk langkah selanjutnya silahkan kalian tekan Ctrl+L dan atur settingannya sebagai berikut pada Output levels geser kesebalah kanan menjadi 255 agar permukaan gambar menjadi putih.


Nah sebagai langkah terakhir silahkan kalian bermain lagi dengan Eraser Tool jangan lupa turunkan opacitynya bisa 30-50% tergantung keinginan kalian, gunakan Eraser tool tersebut untuk menghapus permukaan gambar secara perlahan, kalian juga bisa menggunakan Sharpen Tool (R) untuk membuat contur, berkreasilah sesuka kalian sapukan perlahan pada foto, agar mendapatkan gambar yang kalian inginkan dengan efek pensil, sebagai contoh saya mendapatkan gambar akhir seperti dibawah ini. 


Nah cukup mudah bukan membuat gambar dengan efek sketsa Pensil, kalian bisa mempraktekkan sendiri dan tetaplah berkarya Semoga bermanfaat..!!

Penulis : Ian Irman
Disaat waktu ini bermanfaat bagi sesama, disitulah aku mulai menulis.
Semoga Artikel ini berguna bagi para Sahabat....Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar