Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Print dalam lembar kerja CorelDRAW


Bagi semua sahabat yang sudah terbiasa di depan computer tentunya sudah paham mengenai cara ngeprint data di sebuah computer. Ok coba kita praktekkan cara print di Corel Draw. 1. Seperti biasa masuk buka halaman data desain anda yang mau di print, disini saya mencoba ingin print sebuah data nota yang telah saya buat, Seperti gambar dibawah ini:


2. Selanjutnya klik File dipojok kanan atas, dan cari perintah Print Preview, kita akan dibawa masuk kedalam lembar print. 

Hasil gambar tampilan CorelDraw setelah mengklik Print Preview..

4. Dipojok kanan atas aka nada pilihan format Print yang kita inginkan, tetapi selemnya sahabat harus sudah menentukan settingan jenis lebar kertas yang akan kita print nanti biar hasil cetakannya sesuai yang kita inginkan. Inilah gambar pilihan format print yang kita inginkan : Ada As in document, Fit to Page, Center of Page, Top Center, Left Center, Right Center, Botom Center, dst… 

Selanjutnya sahabat tinggal mau pakai format yang mana, tentunya dari jenis piihan diatas mempunyai fungsi masing-masing, seperti : 
As in document : Perintah ini akan mencetak sesuai area yang kita telah tentukan dalam lembar kerja CorelDraw, ini cocok untuk print blangko undangan, amplop undangan dll. 

Fit to Page : Perintah ini akan mencetak sesuai keseluruhan format gambar dalam lembar kerja CorelDraw, ini cocok untuk print file yang berukuran melebihi area lembar kertas standard seperti, jenis file spanduk, Banner dll, bisa saya contohkan disini, seperti kita membuka file data spanduk tentunya memiliki file yang ukurannya melebihi area lembar kertas seperti A4, F4, dan apabila file spanduk ini ingin di print dan muat kedalam kertas, cukup sobat menggunakan perintah Fit to Page. 

Center of Page : Perintah ini akan mencetak sesuai rata area tengah lembar kerja yag kita ingin print, perintah ini cocok digunakan untuk print Kartu nama yang memiliki sisi depan dan belakang atau dua sisi. 

Selanjutnya untuk Top Center, Left Center, Right Center, Botom Center, saya rasa sobat sudah bisa mengerti fungsi-fungsinya, seperti Print rata atas, bawah, samping kanan dan kiri, kalau dalam hal ini sobat belum mengerti ya baiknya di praktekkan langsung deh…gitu aja kok repot….he..he Ok selamat Mencoba, semoga Bermanfaat !


Penulis : Ian Irman
Disaat waktu ini bermanfaat bagi sesama, disitulah aku mulai menulis.
Semoga Artikel ini berguna bagi para Sahabat....Terima Kasih.

5 komentar:

  1. corel draw 16 saya tdk dpt print dgn tiba, seperti ada kesalahan ketik / tekan tombol,
    mohon bantuan, terma kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin program Corel Draw Bapak Afu Ciawi sudah habis masa aktifnya dan bersifat Trial sehingga tombol printnya gak aktif..

      Hapus
  2. terimakasih sngat membantu... semoga ilmunya lbh bermanfaat dan di tambah lagi. sukses

    BalasHapus
  3. saya baru nyoba pke corel, knp ya setiap sya mau ngeprint pasti keluar garis pelangi? biasa sya ngeprint di word tdk apa2. mhn bantuan nya

    BalasHapus