Rabu, 26 Agustus 2015

Membuat Angka Melingkar pada Setting Jam Analog

Dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas tips bagaimana caranya membuat angka - angka pada desain jam analog / jam dinding agar memiliki jarak yang proposional dan sama. 

1. Buat lembar kerja baru. (File > New)

2. Buat sebuah object. Disini saya membuat angka 12, karena bagian atas jam adalah angka 12.



3. Aktifkan kotak window Transformation pada Corel dengan menekan Alt + F7. Atau bisa juga dengan klik menu utama (Arrange - Transformation - Position) 


4. Klik dua kali untuk mengubah object (*angka 12) menjadi seleksi rotation. Geser titik center object ke bawah. Gunakan Rules (Guides Lines) agar nantinya mendapatkan titik tengah yang akurat. 


5. Klik Rotate.




Penjelasan :
 A) untuk menentukan Angle (Sudut) maka diketahui 1 putaran adalah 360 derajat. Jadi agar memperoleh 12 angka jarum jam digital maka kita akan bagi 360 : 12 = 30 derajat 

B) Copies (Penggandaan). Karena kita sudah punya 1 maka 12 angka kurangi dengan 1. Maka kita cuma butuh 11 Copies saja. Tekan Apply Hasilnya : 


Kita sudah mendapatkan Angka jam yang memutar. Sekarang tinggal kita edit tulisan / angka tersebut. Ok sekarang saya kira anda sudah mengusasai dasar dan inti dari tutorial ini yaitu membuat object melingkar dengan jarak / sudut yang proposional (sama), tinggal sahabatkan kembangkan mempercantik gambar jam sesuai dengan kebutuhan. Agar menghasilkan gambar jam yang diharapkan seperti hasil dibawah ini: 


Teruslah berimajinasi dan kreatif sobat, jangan pernah mengenal lelah untuk belajar..... Semoga bermanfaat..!

Penulis : Ian Irman
Disaat waktu ini bermanfaat bagi sesama, disitulah aku mulai menulis.
Semoga Artikel ini berguna bagi para Sahabat....Terima Kasih.

2 komentar:

  1. Gan macam mana supaya angkannya tegak lurus semua seperti yang gambar terakhir post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo agak susah Mungkin selanjutnya nanti bisa disetting secara manual bro angkanya di Rotation..angka tersebut

      Hapus