Sabtu, 22 Juni 2013

Membuat Relief Text diatas Batu Pecahan

Membuat Tulisan pada Pecahan BATU 

Tutorial Photoshop kali ini saya akan menunjukkan berbagai tips untuk sahabatku yg ingin belajar photoshop khususnya text effect dan juga efek pada relief batu yang kita ciptakan dalam bentuk gambar :


Ok kita langsung aja prakteknya ikuti langkah-langkah berikut:
Bagi sobat yg berminat, silahkan ikuti langkah-langkahnya…

Buka Adobe Photoshop anda lalu pilih File > New atau tekan CTRL+N. Dan buka lembaran kerja berukuran 500x500 pixel, terserah mau berapa ukurannya sesuaikan keinginan kalian.
Tekan M, atau ke kotak Tolbox Rectangular Margue Tool dan buatlah kotak di halaman lembar kerja maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
Setelah sudah membuat kotak melalui Rectangular Margue Tool seperti gambar diatas, lalu masuk ke text Bar, Pilih Edit > Fill dan stelah muncul kotak menu pada use pilih 50% Gray, maka kotak akan berubah warna menjadi seperti dibawah :
 


Setelah itu Pilih Filter > Noise > Add Noise. Setting Ammount 15% , pilih Gaussian dan centang pada Monochromatic.


Maka Gambar akan berubah menjadi seperti dibawah ini :


Selanjutnya Pilih Filter > Render > Lighting Effect. Pada langkah ini sobat tidak harus mengisi sama persis seperti saya, karna pada tahap ini kita hanya akan membuat tekstur semacam batu, jadi silahkan berkreasi sesuai selera.


  • Selanjutnya pilih Filter > Brush Stroke > Spatter. Isi setting dengan Spray Radius 15 dan Smoothness 5. Pada langkah ini kita akan medapatkan hasil seperti berikut:



  • Selanjutnya selectif di bagian area warna putih gambar degan Magic Wand Tool (W), dan arahkan kursor dibagian Palette Layer yang ada gambar kuncinya, klik dua kali dan akan muncul box, langsung aja klik ok. 
     
    Selanjutnya selectif akan mengarahkan area digambar yang berwarna putih latar lembaran kerja, lalu tekan Del, maka latar belakang warna putih akan hilang dan akan muncul gambar seperti dibawah ini.

    Setelah itu pilih Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Setelah keluar Layer style box, setting 
    Structure : Style : inner Bevel, Technique : Smooth, Direction: Up, Angle, dan Altitudenya sesuaikan saja seperti keinginan kalian, lihat seperti contoh gambar dibawah ini.


    Selanjutnya kita akan membentuk model Batu ini terserah keinginan sahabat mau bentuknya seperti apa, selanjutnya Pilih Layer > Add Layer dan pilih Erase atau tool penghapus, sapukan atau hapus bagian pinggiran motif sesuai yang diinignkan, bentuklah menyerepuai batu pecahan sesuka kalian, contoh seperti contoh gambar dibawah ini saya membuat model seperti ini.
     
     

    Selanjutnya untuk menambah pinggiran batu semakin menarik, kalian coba masuk ke kotak Layer Style, double klik di layer gambar batu tersebut dan masuk ke pilihan Contour dibawah pilihan Bevel dan embos, pilih Rounded Steps, dan isi range 50% dan klik Ok, maka akan terlihat hasilnya seperti ini.
     
     
    Pada tahap ini kita sudah mendapatkan bentuk batu pecahan, inilah bentuk model yg saya dapatkan.


    Selanjutnya Pilih Create New Layer, dan buatlah text sesuka kalian, seperti disini saya menuliskan GRAPHIC diatas batu tersebut.
     
    Untuk Text GRAPHIC tersebut kreasikanlah keinginan kalian sesuka hati, disini saya kembali coba masuk ke Layer Style dan menggunakan Drop shadow, Bevel dan Embos dan Satin. dengan Setting gambarnya seperti berikut.
     
    Drop Shadow :
     Drop Shadow :
    Satin :

    Sebenarnya tinggal sahabatlah yang menkreasikan mau berapa format settingnya, tergantung selera masing-masing, dan setelah semua sudah selesai diatur maka tekan OK, dan hasil akhirnya akan terlihat seperti di gambar dibawah ini :

    Nah mudahkan tinggal sahabat mengembangkan kreasi yang diinginkan, dengan sendirinya akan memahami fungsi-fungsi dari Phothoshop agar dapat mendesain sesuai yang diinginkan.
    Semoga Bermanfaat...!


    Penulis : Ian Irman
    Disaat waktu ini bermanfaat bagi sesama, disitulah aku mulai menulis.
    Semoga Artikel ini berguna bagi para Sahabat....Terima Kasih.

    0 komentar:

    Posting Komentar