Jumat, 21 Juni 2013

Membuat Text Berbayang di Phothoshop


Bagi sahabat yg sedang belajar photoshop, berikut ini akan saya coba berikan tips membuat Text Bayang dengan menggunakan Phothosop. 

Berikut langkah-langkahnya: 
Pertama-tama siapkan Lembar kerja di phothosop Pilih File > New dan buat lembar kerja dengan ukuran 500x500 pixel, setelah itu klik Pain Bucket Tool (G) dan masukkan Bacground Warna hitam dalam kotak lembar kerja, seperti contoh gambar dibawah ini : 


Selanjutnya Buat Text dalam kotak lembar kerja tersebut dengan menggunakan Horizontal Type Tool (T), seperti contoh digambar dibawah saya buat tulisan GRAPHIC dengan memberi warna Merah. 

Selanjutnya pada Layer klik dua kali pada layer huruf GRAPHIC, dan sobat akan dibawa masuk kedalam kotak Layer Style, dan pada Blending Options Default, Sobat centang Bevel dan Embos, kreasikanlah sesuka sobat, agar bentuk huruf kalian bisa lebih menarik. Seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya Duplikat Layer Huruf menjadi dua, dan setelah text huruf menjadi dua, Putar huruf salah satunya dengan masuk ke Edit >Transform > Flip Vertikal, maka huruf yang satunya akan berbalik dengan sendirinya, selanjutnya geser huruf tersebut kebawa dengan Move Tool (V) + Shift, biar huruf tergeser lurus kebawah, seperti gambar dibawah ini. 

Kembali masuk ke layer Tulisan, lalu klik pada Opacity dan turunkan 100% menjadi 40%, atau terserah sobat mau memakai berapa persen, tergantung sesuai selera. 


Setelah warna Opacity Transparancy sudah diturunkan sekian %, selanjutnya sobat menuju ke Eraser Tool (E), lalu klik pada huruf yang dibagian bawah, biasanya ada peringatan (This Type layer must rasterized before proceding….) tekan OK, saja nanti juga Tool Eraser nya akan berfungsi. 

Setelah Berfungsi sapukan Tool Eraser tersebut pada huruf di bagian bawah, lakukan secara perlahan, dan sesua bentuk transparansi pewarnaan huruf yang sobat sudah anggap sesuai. 
Bisa dilihat seperti contoh gambar dibawah ini. 


Nah mudah kan membuat efek huruf bayang, selanjutnya tinggal teman yang berkreasi dan lebih dipercantik lagi entah itu membuat gambar berbayang dengan menggunakan efek cahaya Lighting Effect dll, dalam membuat objek berbayang lainnya, sahabat bisa menggunakan cara sederhana tersebut diatas… Semoga Bermanfaat….! 


Penulis : Ian Irman
Disaat waktu ini bermanfaat bagi sesama, disitulah aku mulai menulis.
Semoga Artikel ini berguna bagi para Sahabat....Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar